RSS

DHCP3-SERVER

05 Apr

Hy pembaca yang budiman kali ini saya mau posting tentang dhcp3,, hemm ini salah satu tugas saya dari guru,, ckck dan ini juga dapat bantuan sang kakak ,, yang kebetulan pas peakerin dia bahas tentang ini ya sudah kalau ada ilmu saatnya berbagi,,, hmm langsung ajha ya,,,

Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) adalah protokol jaringan komputer yang digunakan oleh perangkat (klien DHCP) untuk mendapatkan informasi konfigurasi untuk operasi di jaringan Protokol Internet. Protokol ini akan mengurangi beban kerja administrasi sistem, yang memungkinkan untuk menambahkan perangkat jaringan dengan sedikit atau tanpa intervensi manual.

DHCP merupakan solusi cerdas dalam mengatasi kebingungan anda untuk memberikan IP Address kepada setiap computer dalam sebuah jaringan. Karena dengan Server DHCP anda bisa dengan mudah memberikan IP Address tanpa mensetting satu-persatu computer anda. Dengan menggunakan DHCP anda juga sudah menghilankan resiko kekeliruan dalam menentukan IP Address sehingga akan mennganggu koneksi anda.

Menginstall paket dhcp3-server :

server:/home/smkn1btm# apt-get install dhcp3-server

Gambar 3.45 Tampilan Instalasi DHCP edit file dhcpd.conf ( hilangkan tanda ” # ” ) dengan command : server:/home/smkn1btm# mcedit /etc/dhcp3/dhcpd.conf

Gambar 3.46 Tampilan dhcpd.conf

Save konfigurasi dengan tombol F10, setelah itu restart dhcp3-server :

server:/home/smkn1btm# /etc/init.d/dhcp3-server restart

 

Cara Kerja DHCP3-Server

memberikan/ membagikan IP Address ke semua jaringan computer. DHCP bersifai dynamic (berubah-ubah) sehinggan IP Address yang didapatkan oleh setiap computer bisa berubah setiap saat jika computer tersebut restart. Tetapi dalam keadaan tertentu ada sebuah computer yang dituntut untuk memiliki IP Address yang tetap, biasanya computer tersebut digunakan untuk sharing hardware seperti computer yang digunakan untuk fasilitas printer sharing, maka computer tersebut harus memiliki satu IP Address yang tetap, jika memiliki IP Adress yang berybah-ubah akan menyulitkan user untuk menggunakan fasilitas tersebut. Oleh karena itu DHCP juga bisa bersifat Static (tetap) dengan menggunakan cara yang disebut fixed-address.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 05/04/2011 in komputer

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: